Senin, 31 Desember 2012

ALKENA



Alkena (Olefin)

Alkena merupakan hidrokarbon tak jenuh dengan sebuah ikatan rangkap 2 pada rntai karbonnya (-C=C-). Senyawa yang memiliki ikatan C=C disebut alkadiena, sedangkan senyawa yang memiliki 3 ikatan C=C disebut alkatriena.

a.      Rumus umum alkena
 CnH2n
Keterangan:
n : Jumlah atom C

b.      Deret Homolog
Pemberian nama alkena sesuai dengan pemberian nama alkana hanya menggabti akhiran –ana dan –ena. Deret homolog senyawa alkena dapat dilihat dibawah ini.

Jumlah Atom C
Rumus Molekul
Nama Alkena
2
C2H4
Etena
3
C3H6
Propena
4
C4H8
Butena
5
C4H10
Pentena
6
C6H12
Heksena
7
C7H14
Heptena
8
C8H16
Oktena
9
C9H16
Nonena
10
C10H20
Dekena
Tabel Deret Homolog alkena

c.       Sifat kimia
alkena lebih reaktif (mudah bereaksi) dibandingkan dengan alkana.reaksi pada alkena adalah sebagai berikut.
1)      Reaksi Pembakaran
2)      Reaksi Adisi
3)      Reaksi Eliminasi

permasalahannya:
mengapa alkena itu lebih reaktif dibandingkan dengan alkana dan mengapa alkena itu disebut dengan pembentukan minyak (olefin) ??????

3 komentar:

  1. menurut saya
    karena alkena kurang jenuh dibanding alkana. Semua ikatan kimia dalam alkana adalah ikatan tunggal, sedangkan alkena memiliki ikatan rangkap. Nah, ikatan rangkap inilah yang gampang diserang oleh atom lain karena kekuatan ikatan kedua pada ikatan rangkap sifatnya lemah. Hal ini yang menyebabkan alkena lebih reaktif. Alkana tidak reaktif karena tidak memiliki ikatan rangkap.

    BalasHapus
  2. menurut saya,alkena lebih reaktif karena alkena berikatan rangkap sedangkan alkana ikatan tunggal. karena alkena berikatan rangkap maka hal inilah yang mudah diserang oleh atom lain karena kekuatan ikatan kedua pada ikatan rangkap sifatnya lemah Hal ini yang menyebabkan alkena lebih reaktif.
    alkena disebut juga dengan pembentukan minyak (olefin)karena istilah olefin berasal dari kata latin olein = minyak, ficare = memben- tuk).jadi akena juga disebut sebagi pembentukan minyak.

    BalasHapus
  3. menurut saya :
    alkena lebih reaktif di bandingkan alkana karena alkena merupakan senyawa yang tidak jenuh , alkena juga berikatan rangkap sedangkan pada alkana ia merupakan senyawa jenuh dan tidak mempunyai ikatan rangkap itulah yang menyebabkan alkana bersifat tidak reaktif.ikatan rangkap pada alkena inilah yang membuat alkena lebih reaktif , ikatan rangkap alkena gampang diserang atom lain karena kekuatan ikatan rangkap ini bersifat lemah.

    BalasHapus