Rabu, 09 Januari 2013

STEREOKIMIA




STEREOKIMIA


ASSALAMUALAIKUM.WR.WB
Kali ini kita membahas masalah stereokimia yang mana disini saya sendiri menemukan suatu permasalahan yang sukar untuk saya jawab sendiri, nah teman-teman mari baca terlebihdahulu artikel saya dibawah ini,
Jangan lupa tinggalin coment kalian yaaaaa !!!!!!!!!




ISOMERI OPTIK

Pada isomer geometric cis-trans terdapat perbedaan sifat fisik maupun sifat kimia. Pada isomer optic, kedua isomer tersebut sama, dean perbedaannya terletak pada kemampuan untuk mempolarisasikan cahaya, apakah akan dippolarisasikan cahaya, searah putaran jarum jam (+) atau berlawanan arah putaran jarum jam (-).

Bila suatu atom karbon yang terhibridisasi sp3 dikelilingi oleh empat buah atom/gugus yang berbeda (CABDE), maka dikatakan bahwa atom karbon tersebut bersifat asimetris atau disebut juga dengan atom karbon pusat stereogenik atau atom karbon khiral beraasal dari bahasa Yunani cheir yang artinya tangan manusia. Disini khiral berarti tidak dapat ditumpangtindihkan satu sama lain dengan persis sama. Namun bila dari keempat atom/gugus yang mengelilingi atom karbon sp3tersebut ada dua atom/gugus yang sama (CAABD), maka atom karbon sp3 tersebut bukan atom karbon asimetris melainkan atom karbon yang simetris/akhiral/nonstereogenik.sifat dari atom karbon yang asimetris/stereogenik/khiral yaitu dapat memutar bidang polarisasi cahaya, baik kekanan (+) ataupun kekiri (-), dan dikatakan mempunyai kereaktifan optik atau bersifat aktif optis. Sebaliknya, atom karbon yang simetris/akhiral/nonstereogenik, tidak dapat memutar bidang polarisasi cahaya, dan karenanya diktakan bersifat tak aktif optis.

Isomer optik disebut jjuga dengan enantiomer, dan setiap enantiomer yang mempunyai sebuah atom C* atau sebuah pusat khiral, akan mempunyai pasangan sehingga akan membentuk sepasang “benda” dan “bayangan” yang tidak saling menutupi satu sama lain bila didekatkan atau dihimpitkan. Pasangan “benda” dan bayangan tersebut disebut pasangan enantiomer atau pasangan antipoda.

Permasalahan saya,
Mengapa isomer optik itu disebut dengan enantiomer?????

Mohon bantuan nya yaaa temaann-teman..

                                THANK’S VERI MUCH

5 komentar:

  1. enantiomer adalah pasangan stereoisomer yang merupakan refleksi cermin dan tidak bertindih.Isomer optik disebut juga dengan enantiomer, karena setiap enantiomer yang mempunyai sebuah atom C* atau sebuah pusat khiral, akan mempunyai pasangan sehingga akan membentuk sepasang “benda” dan “bayangan” yang tidak saling menutupi satu sama lain bila didekatkan atau dihimpitkan. Pasangan “benda” dan bayangan tersebut disebut pasangan enantiomer atau pasangan antipoda.

    BalasHapus
  2. Saudari lili saya akan coba menjawab pertanyaan anda karna setiap enantimer ini mempunyai sebuah pusat atom khiral yang akan mempunyai pasangan sehingga akan membentuk sepasang “bayangan” dan “benda”. Pasangan bayangan inilah yang disebut sebagai enantiomer.sedangkan isomer optic ialah yang memiliki atom kiral yaitu atom yang mengikat empat gugus yang berbeda.oleh karena itu isomer optic disebut juga sebagai enantiomer.terima kasih semoga jawaban saya bisa membantu..

    BalasHapus
  3. isomer optik itu disebut dengan enantiomer karena setiap enantimer ini mempunyai sebuah pusat atom khiral yang akan mempunyai pasangan sehingga akan membentuk sepasang bayangan dan benda.Pasangan bayangan dan benda inilah yang disebut sebagai enantiomer.sedangkan isomer optic ialah yang memiliki atom kiral yaitu atom yang mengikat empat gugus yang berbeda.oleh karena itu isomer optic disebut juga sebagai enantiomer.

    BalasHapus
  4. menurut saya,karena enansiomer itu adalah stereoisomer yang merupakan refleksi cermin dan tidak bertindih.sama halnya jika kita kita bercermin,tangan kiri kitra yamg ada di cermin itu seolah-olah adalah tangan kita.kemudian pantulan yang ada dicermin inilah yang disebut dengan enansiomer.itulsh mengapa isomer optik dikatakan enansiomer.
    terimaksih..

    BalasHapus
  5. terimakasih kepada teman-teman semua yang sudah mampir memberikan penjelasan permasalahan saya...
    semoga juga bermanfaat bagi kita semua..
    wassalam

    BalasHapus