Rabu, 23 Januari 2013

TUGAS UJIAN KIMIA ORGANIK (23/01/13)

UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH                : KIMIA ORGANIK I
SKS                          : 3 SKS
DOSEN PENGAMPU : Dr. Syamsurizal, M.si
Nama   : Lili Sulistia
NIM    : RRAICIIIO2O

Assalamualaikum wr.wb



1.   Bagaimana hidrokarbon dapat terbakar sempurna dan tidak sempurna. Jelaskan pada kondisi vakum proses pembakaran apa yang akan terjadi dan perkiraan juga pada suhu rendah sekitar 10o C, bagaimana proses pembakaran bias terjadi. Uraikan dengan memberikan contoh reaksi kimia.

Jawab
Menurut saya, telah jelas senyawa hidrokarbon itu merupakan yang tersusun atas atom karbon C dan atom hydrogen H..
Nah, pada proses vakum seperti yang kita ketahui vakum itu adalah dalam ruang hampa, yang mana hidrokarbon sendiri dapat terbakar tidak sempurna melainkan ia dapat terbakar sempurna. Karena pada keadaan tertutup dan juga suhunya sanagt rendah 10oC.
Contoh nya saja pada kehidupan kita sehari-hari, memasak air hingga mendidih sehingga terjadi proses penguapan dan pembakaran secara sempurna karena air yang semulanya mentah menjadi masak melalui proses pembakaran sehingga terjadi penguapan.
Contoh reaksi kimia nya:
 Pembakaran sempurna isooktana:
C8H18 (l) +12 ½ O2 (g) –> 8 CO2 (g) + 9 H2O (g) ΔH = -5460 kJ

Bagaimana proses tersebut terjadi, pembakaran sempurna dapat dicapai dengan pencampuran antara bahan bakar dan oksidator tepat/baik. Dengan rasio udara dengan bahan bakar tersebut yang tepat pula tepat.pembakaran sempurna dapat terjadi jika semua unsure C,H, dan S yang terkandung dalam bahan bakar bereaksi membentuk CO2, H2O dan SO2.

2.   Jelaskan apa yang mendasari formula yang lazim anda kenal sebagai alkana ( CnH2n-2 ), alkena (CnH2n-2) dan alkuna (CnH2n-2 ) dibuat demikian. Akan tetapi pada kenyataannya formula tersebut hanya berlaku pada senyawa tertentu saja dalam satu golongan dengan hidrokarbon tersebut. Bila anda berhasil membuktikan bahwa formula tersebut tidak benar dengan memberikan contoh sekurang-kurangnya tiga contoh masing-masing hidrokarbon. Bagaimana saran anda membuat formulasi yang paling tepat dan berlaku umum untuk masing-masing golongan hidrokarbon seperti alkana, alkena, dan alkuna.

jawab
Menurut pendpat saya pribadi Alkana (CnH2n+2), alkena (CnH2n), alkuna (CnH2n-2) mepunyai formula yang lazim digunakan  karena alkana, alkena, alkuna merupakan suatu golongan hidrokarbon yang rumus empirisnya sudah ditentukan dan lazim digunakan. oleh karena itu suatu hal yang wajar saja jika formula tersebut hanya berlaku pada senyawa tertentu. Selain itu formula alkana (CnH2n+2), alkena (CnH2n), alkuna (CnH2n-2) dikhususkan pada senyawa hidrokarbon hal ini menunjukkan banyaknya atom karbon yang terdapat di dalam masing-masing rantai karbon. Saran saya dalam membuat formulasi yang paling tapat dan berlaku umum untuk masing-masing golongan hirokarbon seperti alkana,alkena,alkuna sebaiknya di dalam pembuatan formulasinya leburkan atau transformasikan dengan senyawa yang lain.


3.   Bila senyawa hidrokarbon dapat ditransformasi menjadi bentuk hidrokarbon lain atau senyawa organic lainnya. Factor-faktor apa saja yang paling menentukan hal tersebut bias terjadi. Jelaskan mengapa proses tersebut dapat terjadi. Jelaskan bimana anda mengendalikan reaksi-reaksi kimia yang mungkkin terjadi pada suatu senyawa hidrokarbon sehingga bisa dihasilkan sebanyak-banyaknya dengan biaya yang serendah-rendahnya.


Jawab
Menurut saya, senyawa yang dapat ditransformasikan menjadi bentuk hidrokarbon lain yaitu pada alkana menjadi alkatriena..







4.   Jelaskan untuk apa sebenarnya anda perlu memahami tenteng stereokimia dan relevansinya apa dengan pengetahuan yang lain. Buatlah ssekurang-kurangnyadua contoh senyawa yang anda anggap memiliki stereokimia yang unik. Jelaskan segi-segi keunikan senyawa tersebut dan kaitkan dengan manfaat dari senyawa tersebut.
Jawab:

Seperti penjelasan tentang stereokimia yang mana stereo itu adaalah ruang..atau bisa juga disebut dengan molekul-molekul dalam ruang tiga dimensi, mungkin artinya itu bagaimana atom-atom dalam sebuah molekul diatur dalam ruang satu dengan ruang yang lainnya. Relevansinya terhadap pengetahuan yang lain dapat memahami sesuatu itu untuk dimanfaatkan dalam satu tempat atau suatu waktu terhadap tempat yang lainnya karena streokimia itu dapat memberikan manfaat bahwa dengan mempelajari atom-atom dalam sebuah molekul diatur dalam ruang satu terhadap ruang yang lainnya.


Contoh keunikan dari senyawa-senyawa nya yaitu
Sebagai contoh pemodelan adalah senyawa Butana (C4H10). Merupakan senyawa C4H10 (Butana) yang terdiri dari dua jenis atom penyusun, yaitu atom C sebanyak empat dan atom H sebanyak sepuluh...






Mungkin hanya ini yang bisa saya jawab
Kurang lebih nya saya minta maaf pak..
Wassalamualaikum.wr.wb




Tidak ada komentar:

Posting Komentar